Tips Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Mulut bau, duh enggak banget ya. Ini pengalaman pribadi, ketika diajak ngobrol sama orang yang mulutnya bau, secara reflek saya langsung memberi jarak deh. Nggak kuat berlama-lama ngobrol dengan orang yang mulutnya bau. Maunya nutup hidung tapi nggak enak juga sama orangnya takut tersinggung.Inilah yang sering terjadi dalam keseharian ketika bersosialisasi dengan banyak orang.

Bau mulut akan mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam pergaulan. Kadang-kadang timbul komentar yang bikin telinga merah, “Cantik-cantik mulutnya bau bangkai”. Duh sakit kan kalau itu ditujukan pada diri kita.

masalah bau mulut

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri kita, yuk guys kita simak hal-hal yang menyebabkan bau mulut dan bagaimana mengatasinya. Hal-hal yang menyebabkan bau mulut :

  1. Merokok

Kebiasaan yang satu ini menjadi biangnya bau mulut. Merokok selain memberikan efek negatif bagi perokok sendiri juga kepada orang lain sebagai perokok pasif. Dikutip dari Tempo.com bahwa berdasarkan hasil penelitian The Institute of Health Metric and Evaluation (IHME) yang diterbitkan oleh Jurnal Kesehatan Amerika, jumlah perokok di Indonesia menempati urutan ke 2 di dunia.

Meskipun kampanye tentang bahaya rokok sudah begitu gencar namun jumlah perokok tidak juga berkurang. Padahal semua tahu rokok adalah penyebab banyak penyakit mengerikan seperti jantung, kanker ganas, gangguan kehamilan, paru-paru dan lain-lain.

  1. Tidak rajin sikat gigi

Sepertinya hal yang satu ini adalah kegiatan yang sepele karena sudah biasa kita lakukan. Tapi sayang justru orang sering lupa pada kebiasaan baik ini. Padahal kebiasaan ini harusnya dilakukan sejak kecil. Banyak anak-anak kecil giginya sudah bolong-bolong karena tidak dibiasakan menyikat gigi dan banyak makan makanan yang manis.

  1. Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan pada daerah sinus/hidung yang disebabkan oleh infeksi, alergi atau masalah-masalah auto imunitas. Rongga hidung, mulut dan telingga merupakan rongga yang sangat berhubungan dan tersambung langsung. Ketika hidung terjadi penyumbatan maka mulut akan terpengaruh, yaitu mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Segera periksakan ke dokter jika anda mengalami gejala hidung tersumbat, sakit kepala, batuk berkepanjangan, hidung meler dan berwarna hijau pekat, dan gejala ini semakin memburuk ketika malam hari.

  1. Gigi berlubang

Masalah yang sering terjadi pada gigi adalah gigi berlubang. Dan ini adalah masalah serius pada mulut, karena sakit yang ditimbulkan  luar biasa sakitnya. Hal tersebut adalah karena adanya bakteri di lubang gigi tersebut. Kebersihan mulut mutlak bagi penderita gigi berlubang. Sisa-sisa makanan yang tertinggal dimulut akan semakin menyuburkan bakteri jika tidak dibersihkan. Hal ini yang menyebabkan bau tidak sedap pada mulut anda.

5. Makan makanan yang berbau menyengat

Jengkol, petai, durian, daging kambing dan lain-lain adalah makanan-makanan yang memiliki bau cukup kuat. Tidak salah jika anda menyukai makanan ini tapi jangan lupa menyikat gigi anda dengan bersih setelah mengkonsumsinya. Jika tidak, jangan salahkan kalau pasangan anda tidak mau mendekat karena mulut anda yang berbau.

  1. Penderita gangguan liver, diabetes, Bronchitis kronis, gangguan pernafasan

Orang-orang dengan gangguan sakit tersebut di atas biasanya memiliki bau mulut yang lumayan menyengat. Hal ini terkait dengan tidak stabilnya organ-organ bagian dalam yang terhubung dengan pernafasan, misalnya perut, tenggorakan dan paru-paru.

Tips menghilangkan bau mulut

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut :

  1. Jaga kebersihan mulut anda.

Sikat gigi minimal 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Menyikat gigi juga harus dengan cara yang benar agar hasilnya sempurna. Pilih sikat gigi yang lembut agar gusi anda tidak berdarah, sikatlah gigi secara benar dan aplikasikan pasta gigi secara penuh pada sikat  agar kotoran yang menempel pada gigi dan gusi ikut larut bersama busanya dan mulutpun menjadi segar.

Gantilah sikat gigi anda minimal setiap 3 bulan. Jika perlu gunakan dental floss/benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan disela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi dan pembersih lidah.

rajin gosok gigi

  1. Cukup minum air putih.

Minum air putih 8 gelas atau 2 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan air tubuh anda. Jika diuraikan banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh. Untuk menjaga fungsi ginjal, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat dan kencing, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori, menurunkan berat badan, menetralisir bau dari makanan-makanan yang berbau kuat dan lain sebagainya.

  1. Stop merokok.

Lebih banyak efek negatif yang diperoleh dari rokok ketimbang kenikmatannya. Selain rokok merupakan biangnya bau mulut, juga penyebab penyakit-penyakit mengerikan lainnya. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2014, lebih dari 200 ribu orang meninggal karena rokok.

Pemerintah melalui kampanye  “merokok menyebabkan kematian” dan gambar-gambar menjijikkan akibat merokok pada bungkus-bungkus rokok. Yuk guys kita mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini untuk tidak merokok demi hidup lebih sehat.

  1. Konsumsi buah dan sayur.

Beberapa penyebab bau mulut dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Misalnya bau mulut karena iritasi dinding mulut dan gusi/sariawan. Sayur dan buah-buahan dengan kandungan berbagai vitamin akan cepat menyembuhkan sariawan, menghentikan pendarahan pada gusi dan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh secara keseluruhan.

Buah dan sayur juga adalah makanan yang relatif tidak menimbulkan bau mulut justru menyegarkan pernafasan.

makan sayuran dan buah

  1. Periksa kesehatan mulut dan gigi setiap 6 bulan.

Untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan pada mulut dan gigi anda, lakukan pengecekan secara rutin mulut dan gigi ke dokter anda. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

rajin ke dokter gigi

  1. Mengunyah permen karet.

Dengan mengunyah permen karet, mulut kita secara aktif akan memproduksi air liur yang dapat membunuh bakteri dalam mulut. Selain itu permen karet mempunyai rasa bermacam-macam yang memberikan kesegaran pada mulut kita.

makan permen karet

  1. Kurangi makan makanan berbau kuat.

Habis makan petai, jengkol atau durian mulut anda pasti bau, bahkan kotoran dan keringat pun juga masih berbau makanan tersebut. Bau yang kuat yang tercium dari mulut kita tentu membuat orang lain tidak nyaman ketika sedang berkomunikasi dengan kita.

Kurangi makanan ini, ketika anda akan bertemu dengan orang lain, atau orang lain akan menjaga jarak ketika berbicara dengan anda. cream fpd herbal

  1. Berkumur dengan obat kumur.

Salah satu solusi terhadap bau mulut yang bisa kita lakukan adalah berkumur dengan obat kumur. Obat kumur akan membunuh bakteri-bakteri dalam mulut yang menyebabkan mulut bau. Pilih obat kumur yang lembut yang tidak mengandung alkohol.