Penyebab miss V Berbau Tak Sedap

Miss V  memang mempunyai bau yang khas, ini normal. Tapi dalam beberapa kasus, bau yang ditimbulkan sangat menyengat. Fyuuh…ini pasti diluar kewajaran dan bikin wanita enggak pede alias percaya diri. Selain risih kepada dirinya sendiri, juga tidak nyaman ketika harus ber-intim-intim dengan pasangan.

Momen spesial yang harusnya penuh keintiman bisa buyar karena masalah miss V yang bau tak sedap. Pemakaian pewangi atau deodorant pada daerah miss V memang sedikit mengurangi menyengatnya bau miss V, tapi ini sangat tidak disarankan karena akan menimbulkan iritasi kulit sekitar miss V dan ujung-ujungnya justru akan memperparah penderitaan miss V anda.

Mencari solusi dari suatu masalah sebaiknya dipahami dulu penyebabnya, termasuk penyebab miss V yang berbau tidak sedap.  Secara umum bau yang tidak sedap disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

Kurang menjaga kebersihan.

Miss V yang bau biasanya terjadi karena adanya peradangan di daerah tersebut yang menimbulkan iritasi. Radang pada daerah miss V ini terjadi karena kebersihan yang kurang terjaga, sehingga jumlah bakteri tidak baik semakin banyak yang disebut vaginosis bakteri.

Sering menggunakan toilet umum, kebersihan celana dalam yang kurang diperhatikan, sering menggunakan celana yang ketat sehingga tidak cukup memberi nafas pada kulit dan daerah kemaluan menjadi penyebab masalah bau vagina. cara terbaik membersihkan toilet .

toilet-bersih

Menstruasi.

Siklus tubuh mengalami perubahan secara berkala. Pada setiap bulannya wanita akan mengalami pelepasan sel-sel telur dari dinding rahim yang gagal dibuahi oleh sperma dalam bentuk haid atau menstruasi. Pada saat haid suhu tubuh akan meningkat dan produksi hormon estrogen juga meningkat, ini yang menyebabkan tingkat kelembaban di daerah vagina juga meningkat. Akan mudah sekali bakteri berkembangbiak pada masa ini.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengganti tampon/pembalut sesering mungkin agar terjaga kebersihannya dan tetap kering.

Penggunaan alat kontrasepsi/KB.

Pada beberapa kasus ibu-ibu rumah tangga mengungkapkan bahwa sejak menggunakan alat kontrasepsi terutama IUD ada gangguan pada daerah kewanitaannya yang berhubungan dengan meningkatnya bau tak sedap. Ini kemungkinan disebabkan karena masuknya benda asing dalam tubuh yang bisa menimbulkan iritasi dan infeksi. Sangat dianjurkan pemakai IUD untuk memeriksakan diri ke dokter secara berkala untuk mengetahui amankah pemakaian IUD dan untuk mendeteksi secara dini jika terjadi gangguan.

alat-kontrasepsi-vege-serum

Keputihan.

Ini merupakan sekresi vaginal pada wanita. Ada 2 macam keputihan yang biasanya terjadi: keputihan fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis terjadi setiap bulan karena siklus seperti mau datang bulan, ketika masa subur maupun setelah datang bulan. Keputihan patologis disebabkan karena oleh infeksi yang disertai rasa gatal disekitar daerah vagina yang biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur, virus dan lain sebagainya.

Keputihan patologis harus mendapat penanganan yang tepat agar tidak bertambah parah. Pada kondisi serius keputihan ini menimbulkan bau sangat menyengat dan warnanya keruh dan agak kental.

Berganti-ganti pasangan.

Siapa yang menjamin pasangan kita tidak sedang terjangkit suatu penyakit yang dapat menularkan kepada kita lewat hubungan intim. Hidup sehat, hidup bersih dengan hanya berhubungan dengan satu pasangan adalah lebih baik. Orang yang sering berganti-ganti pasangan tidak jarang sering terkena penyakit seksual seperti herpes, kanker serviks, HIV dan lain-lain.

Nah bagaimana sebaiknya menjaga miss V agar tetap terjaga kesehatannya dan tidak menimbulkan bau ikan. Miss V yang sehat mengeluarkan bau yang normal, tidak menyengat dan keseimbangan pH nya terjaga. Tingkat keasaman atau pH pada keadaan normal adalah 3,8 – 3,4.

Berikut ini tips menjaga kesehatan miss V :

Hindari makanan yang menimbulkan bau menyengat.

Bawang, petai, jengkol, daging kambing, dan brokoli adalah makanan-makanan dengan efek bau yang kuat. Kurangi mengkonsumsi makan tersebut walaupun anda sangat menyukainya.

Minum air putih.

Salah satu fungsi air bagi tubuh adalah menjaga tetap seimbangnya cairan dalam tubuh, membantu mempercepat keluarnya kotoran atau racun melalui air seni dan menjaga kelembaban kulit. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum 8 gelas per hari. Ketika anda kurang minum air seni yang keluar dari tubuh anda sedikit dan berbau, ini menandakan anda kurang minum.

Jaga berat badan anda.

Kelebihan berat badan ikut mempengaruhi kesehatan bagian kewanitaan anda. Lipatan-lipatan di daerah sekitar perut dan paha bagian atas kurang memberikan keleluasaan daerah ini untuk bernafas, sehingga menjadi lebih lembab. Kuman, bakteri, virus akan mudah berkembangbiak. Iritasi karena gesekan kulit pada paha atas juga sering terjadi. Diet dengan mengatur pola makan anda sehingga berat badan terkontrol.

Sering mengganti celana dalam.

Jaga kebersihan celana dalam anda, ganti minimal 2 kali sehari. Pilih celana dalam dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat seperti katun. Jika anda sering menggunakan pantyliner gantilah setiap 4 jam dan pilihlah dengan bahan kandungan kimianya lebih sedikit. Ada pro dan kontra pemakaian pantyliner terutama karena mengandung kimia seperti pemutih yang dapat menyebabkan kanker.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi sangat baik bagi sirkulasi darah, makanan ditubuh anda. Sehingga metabolisme semakin lancar. Buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur menimbulkan bau segar baik itu pada pernafasan dan juga daerah kewanitaan.

makan-buah-dan-sayur-serum-vege

Membersihkan miss V dengan cara yang benar.

Seringkali kita membersihkan miss V dari arah belakang ke depan, sehingga bakteri dari anus akan masuk ke liang vagina. Bersihkan dari arah depan ke belakang, termasuk ketika kita menyabun dan menyiram. Pemilihan sabun atau pembersih vagina juga sangat penting. Hindari penggunaan sabun mandi untuk membersihkan vagina karena kandungan kimianya keras sehingga membunuh bakteri baik yang dibutuhkan. Pilih pembersih yang mengandung pH atau tingkat keasaman sesuai yang dibutuhkan miss V anda.

Rajin bergerak.

Perbaiki metabolisme tubuh anda dengan rajin bergerak. Bergerak atau berolahraga dapat meningkatkan semua fungsi organ tubuh. Organ tubuh yang tidak berfungsi normal merupakan sumber masalah kesehatan pada tubuh secara keseluruhan.

rajin-olahraga-serum-vege