Manfaat Teripang Laut Untuk Pengobatan

teripang 01

Teripang Laut (Sea Cucumber) bukan hanya kaya akan nutrisi vitamin dan mineral tapi merupakan sumber makanan yang berkualitas tinggi.

Teripang merupakan salah satu hewan laut yang berbentuk seperti mentimun, oleh sebab itu dikenal juga dengan timun laut. Meskipun menyerupai mentimun, teripang memiliki tubuh yang lunak tak sekeras mentimun. Teripang sekarang sudah banyak dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Hanya ditemukan pada perairan asin, teripang laut merupakan hewan moluska berbentuk sosis dengan kulit berkutil dan kasar. Hewan ini dikenal luas sebagai makanan dan obat tradisional pada berbagai kebudayaan timur tengah dan asia. Teripang laut walaupun rasanya yang hambar, tapi sangat mudah menyerap rasa dari bumbu-bumbu dapur dan sari bahan makanan lain yang turut ikut dimasak. Teripang laut dikenal sebagai suplemen makanan pencegah kanker loh.

teripang 03

Potensi Pencegahan Kanker

Mengkonsumsi teripang laut dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Hal ini disebabkan karena teripang laut mengandung jumlah besar zat Triterpene Glycosides, yang dapat berfungsi sebagai zat antitumor. Sebuah penelitian oleh ilmuwan negara china yang dipublikasikan pada bulan agustus 2005 dalam “Cancer Biology & Therapy,” , Teripang laut juga mengandung Philinopside E, atau PE. PE menghambat pembentukan pembuluh darah yang menyuplai nutrisi untuk tumor. Ini menekan pertumbuhan dan proliferasi tumor tersebut dalam tubuh Anda.

Aktifitas Antikoagulan (anti pembekuan darah)

Pembekuan darah membantu mencegah pendarahan hebat ketika kita sedang terluka. Meskipun demikian, gumpalan juga dapat terbentuk di dalam pembuluh darah Anda bahkan ketika Anda tidak memiliki cedera fisik yang jelas. Hal ini dapat menyebabkan potensi kondisi berbahaya seperti pulmonary embolism. Ketika gumpalan darah terakumulasi di paru-paru dan menghambat peredaran darah. Teripang laut mengandung zat yang disebut chondroitin sulfat. Sebuah studi oleh ilmuwan Brazil yang dipublikasikan pada September 1996 dalam “Journal of Biological Chemistry” menyatakan bahwa chondroitin sulfate memiliki aktifitas antikoagulan.

Anti Peradangan

Teripang laut memiliki potensi efek anti peradangan, yang dapat membantu meringankan rasa sakit pada pasien dengan penyakit Arthritis. Sebuah penelitian oleh Ilmuwan Malaysia yang dipublikasikan pada Oktober 2011 dengan judul “Marine Drugs” menemukan bahwa teripang laut memiliki kandungan zat yang mengurangi peradangan pada tikus betina dan jantan. Kandungan zat-zat mucopolysaccharides, chondroitin dan glucosamine dapat menyembuhkan gangguan arthritis. Zat ini dapat menyeimbangkan lipid tertentu yaitu prostaglandins. Pasien dengan rheumatoid arthritis biasanya memiliki konsentrasi tinggi prostaglandins, seperti yang diumumkan oleh penelitian pada tahun 2008 dalam “American College of Rheumatology.”

Mengatasi Masalah Lambung

Teripang mengandung kolagen yang tinggi dan antiseptik di dalamnya dapat membantu mengatasi masalah atau gangguan pada lambung. Sebab, kandungan tersebut dapat mengobati luka pada lambung dan mencegah maag akut. Selain itu, teripang juga dapat mengatasi gangguan pencernaan dan melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan protein yang di dalamnya. cream vege

Menyehatkan Tulang dan Sendi

Teripang biasanya diolah menjadi obat herbal dalam bentuk cair, seperti minyak gosok. Nah, minyak tersebut dapat digunakan untuk mengobati sakit pada persendian. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa chondrotin sulfat yang mempunyai sifat anti inflamasi. Selain itu, dapat pula membantu perbaikan tulang rawan, mencegah osteoporosis dan mencegah gangguan persendian.

teripang 02