6 Cara Menggunakan Madu untuk Perawatan Kulit

Menurut cerita, rahasia kecantikan Ratu Cleopatra yang terkenal adalah madu. Hmm..benarkah itu? Yup, akhir-akhir ini sains telah membuktikan apa yang telah diketahui wanita selama berabad-abad lamanya. Madu asli merupakan bahan paling hebat dan serba guna untuk membuat kulit Anda cerah berkilau.

Madu penuh dengan kandungan antioksidan yang cocok untuk mencegah kerutan dan tanda-tanda penuaan pada kulit. Madu juga memiliki sifat anti bakteri dan dapat membantu mengatasi masalah-masalah jerawat. Madu berfungsi sebagai pembersih dengan cara membersihkan dan membuka pori-pori kulit dari hambatan.

Oleh karena itulah, madu adalah pelembab yang luar biasa, yang dapat meredakan iritasi kulit, dan membersihkan noda-noda pada kulit. Berikut ini ada cara-cara mendetil (termasuk juga resep-resep) tentang bagaimana cara memanfaatkan madu untuk perawatan kulit. Cobalah dan rasakan sendiri efeknya!

1. Masker pelembab buatan sendiri

Madu merupakan sumber yang terbaik untuk melembabkan kulit. Cukup oleskan 1 sendok teh madu asli pada kulit yang bersih dan diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat setelah selesai.

Akan tetapi, jika Anda ingin perawatan yang lebih mendalam lagi, campur 1 sendok makan dadih, 1 sendok teh madu, dan 1 kuning telur. Oleskan campuran ini ke wajah Anda dan hindari area mata. Setelah itu, diamkan selama 20 menit. Bilas.

2. Penghilang noda

Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba, sehingga menjadikannya efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Saat madu melawan bakteri, kulit akan terasa sejuk dan warna merah pasti akan hilang. Untuk cara penggunaannya, tepuk-tepuk area yang bermasalah dengan kapas yang dicelup madu asli. Diamkan selama 15 menit dan bilas setelah selesai. Untuk efek lebih, Anda juga bisa campurkan minyak daun teh ke dalamnya.

3. Scrub madu

Campurkan madu dengan baking soda dengan komposisi 2 bagian madu dan 1 bagian baking soda untuk mendapatkan scrub yang efektif untuk mengatasi kulit kering dan kasar. Oleskan campuran dengan lembut dalam gerakan melingkar di seluruh wajah. Setelah itu, bilas dengan bersih. cream fpd

4. Pembersih pori-pori kulit

Madu mengandung enzim-enzim yang dapat membersihkan kulit dan pori-pori. Untuk memanfaatkan ini, cukup campur 2 sendok makan minyak kelapa dengan 1 sendok makan madu asli. Oleskan secara lembut pada bagian kulit yang terasa kering dan kemudian bilas. Percayalah, metode ini pasti akan memberimu rona wajah yang lebih cerah dan bersih.

5. Memudarkan bekas luka

Penelitian telah menunjukkan bahwa madu bisa mencerahkan kulit dan membuat bekas luka tampak lebih pudar dengan cara meningkatkan proses penyembuhan dan membantu proses regenerasi jaringan. Agar bekas luka tak tampak lagi, campurkan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun dengan 1 sendok the madu asli. Ambil campuran ini dan sebarkan di atas area bekas luka dan tekan perlahan dengan menggunakan handuk panas. Diamkan sampai handuk mendingin. Ulangi langkah ini setiap hari sampai Anda puas dengan hasilnya.

6. Air rendaman untuk mandi

Nah, inilah metode yang telah digunakan oleh Cleopatra sendiri. Ambil ΒΌ cup madu dan campurkan dengan 2 cup susu. Tambahkan beberapa tetes minyak essensial. Lalu, tambahkan campuran ini ke dalam bathtub yang diisi air hangat. Kemudian, duduk santai dan nikmatilah kekuatan menyembuhkan dari madu. Berendamlah selama yang Anda suka. Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, air rendaman mandi ini juga sangat menenangkan.

Madu memang pertama kali digunakan sebagai bahan pemanis yang lebih sehat. Akan tetapi, sekarang ini banyak orang telah menggunakannya untuk perawatan tubuh, sebab madu dapat melembabkan kulit, mencegah penuaan, serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Walaupun begitu, pakailah madu asli yang belum dipasteurisasi untuk mendapatkan manfaatnya. Proses pasteurisasi dapat menghilangkan nutrisi, antioksidan, enzim, dan sifat menyembuhkan madu. Anyway, cobalah resep-resep yang telah disebutkan di atas dan rasakan sendiri kekuatan madu pada kulit Anda!